Tuesday, November 25, 2008

Toshiba Portege M800, Bagi Wanita Karier

SURVEI terakhir yang dilakukan majalah InfoKomputer menunjukkan 90% pembaca InfoKomputer adalah pria. Karena itu, artikel ini lebih ditujukan ke 10% kaum hawa; atau kaum pria yang baik hati dan berminat membelikan pasangannya notebook baru.

Bukan apa-apa. Pasalnya yang kami ulas kali ini adalah notebook Toshiba Portege M300 yang dibalut warna merah muda yang “cewek banget”. Sama seperti versi Satellite M300 yang kami bahas bulan lalu, casing notebook ini dibuat melalui teknologi Fusion Finish untuk menghasilkan permukaan yang mengilat alias glossy. Jadi sudah pink, glossy pula; kebayang kan betapa meriahnya?

Sama seperti generasi sebelumnya, Portege M300 ini adalah notebook yang ditujukan bagi Anda yang mobile. Ini bisa terlihat dari ukuran layar berukuran 13,3” dan bobot sekitar 2 kg; cukup nyaman untuk dibawa bepergian. Namun karena kami belakangan terbiasa menguji notebook 13,3” yang tipis (seperti Macbook Air atau Lenovo X300), tebalnya M300 yang mencapai 4 cm terasa terlalu tebal.

Mungkin karena ditujukan untuk mereka yang banyak bepergian, notebook ini dilengkapi dengan fasilitas pemindai sidik jari untuk memperketat keamanan. Harddisknya yang berkapasitas 150GB juga dilengkapi teknologi peredam goncangan sehingga data di dalamnya tetap terlindungi saat notebook terjatuh. Fasilitas lain yang tersedia adalah Wi-Fi Draft-N, Bluetooth, webcam 1,3 MP, dan DVD Multi Format.

Di balik warnanya yang feminin, Portege M300 dibekali komponen yang cukup garang. Seri PPM80L-02Y013 yang kami uji ini misalnya, dibekali prosesor Intel Core 2 Duo T8300 (2,38GHz) yang dibantu memori DDR2-800 berkapasitas 1GB. Sayangnya fungsi grafisnya dijalankan chip onboard Intel X3100, sehingga kurang maksimal untuk menjalankan aplikasi gaming kelas berat. Bahkan jika dibanding Macbook Air yang menggunakan prosesor lebih lemah, kinerja 3D-nya masih tertinggal (lihat tabel hasil pengujian).

Di atas keyboard, notebook seharga US$ 1399 ini menyediakan panel kontrol untuk multimedia. Namun alih-alih menggunakan tombol, panel kontrol ini merupakan sensor sentuh yang dilengkapi dengan lampu. Ini membuat pengoperasian panel tersebut tidak terganggu meski kita mengoperasikannya dalam kegelapan.

Ketika kami coba memutar film, satu kelebihan yang kami catat adalah kualitas speakernya yang di atas rata-rata. Menggunakan speaker harman/kardon, suaranya terdengar jernih dan renyah, meski minim dentuman bass. Kualitas layarnya juga bagus, meski viewing angle-nya terlihat agak terbatas.
***

Tampil gaya; itulah mungkin kata sakti di Toshiba saat ini. Mengandalkan teknologi Fusion Finish, jajaran notebook terbaru Toshiba terlihat eksklusif dan menarik perhatian. Citra ini semakin terasa pada Portege M300 yang menggunakan warna merah muda yang menggoda. Pemilihan warna ini mungkin membuatnya terbatas untuk kaum hawa,namun tersedia warna putih jika Anda ingin tampil lebih low-profile.

Kinerja dan fasilitas yang ditawarkan Portege M300 terbilang bagus dan cocok bagi wanita karir yang menginginkan notebook yang nyaman dibawa bepergian.

kompas/InfoKomputer

There was an error in this gadget