My Traffic Value

Monday, December 3, 2007

Promosi Blog

Setelah blog anda selesai, saatnya bagi Anda untuk mempromosikan blog tersebut. Beberapa tips akan di dipaparkan pada uraian berikut untuk memperkenalkan blog anda secara efektif ke seluruh khalayak ramai di dunia internet.

Pomosi blog merupakan salah satu hal yang perlu di perhatikan agar blog menjadi ramai. Untuk menarik pengunjung untuk agar mengunjungi blog anda, tentu ada beberapa hal yang perlu dilakukan diantaranya adalah :

1. Isi Artikel
Promosi besar-besaran ke forum, komunitas, dan teman-teman anda akan sia-sia bila blog anda tidak memiliki artikel yang berkualitas. Isi artikel blog anda merupakan salah satu factor yang mempengaruhi kesuksesan sebuah blog. Hal pertama yang dilihat seorang pengunjung adalah judul artikel. Untuk itu dalam membuat artikel blog, buatlah judul yang menarik agar pengunjung merasa tertarik untuk membaca artikel di blog anda.Hal selanjutnya yang perlu diperhatikan dalah tema dari blog. Blog tematis merupakan salah satu jenis blog yang banyak di cari oleh pengunjung. Blog tematis atau biasa disebut juga dengan niche blog adalah suatu blog yang membahas astu tema saja, misalnya blog tentang pemrograman, blog tentang bisnis internet, blog tentang busana dan lain sebagainya. Tipe blog tematis seperti ini cukup populer karena tema artikel yang dibawakan tidak berubah-ubah.Hal terakhir yang perlu diperhatikan mengenai isi suatu artikel adalah frekuensi dari pembuatan suatu artikel blog. Blog yang di update secara teratur menandakan bahwa pengelola blog memiliki semangat untuk mengelola blog secara serius.

2. Rancanga dan Tampilan
Desain dan navigasi dari blog merupakan hal yang penting untuk menarik pengunjung ke blog anda. Pemilihan warna yang tepat, pengaturan tata letak yang rapi, dan navigasi yang jelas akan memudahkan pengunjung dalam menikmati blog.

Internet merupakan media informasi yang sangat luas. Blog-blog baru bermunculan setipa harinya. Sekarang ini, sudah ratusan ribu blog bertebaran di media internet ini. Selanjutnya, bagaimanakah kiat-kita agar blog anda bisa dikenal oleh para pengguna internet lainnya? Simaklah beberapa tips di bawah ini :

1. Informasikan blog anda
Para pengguna internet perlu di informasikan bila anda telah membuat suatu post baru. Pada sebuah blog proses ini di sebut “Ping”. Secara sederhana , pada saat anda mebuat post baru maka anda dapat secara otomatis mempromosikannya di internet. Cara ini dapat dilakukan dengan melakukan Ping kepada web site tertentu yang tugasnya melakukan penelusuran terhadap suatu blog. Anda dapat melakukannya dengan mengunjungi web site Ping-O-Matic (http://pingomatic.com/) ataupun {ing Goat (http://pingoat.com/).

2. Direktori Blog
Direktori blog adalah sebuah website khusus yang berisi profil mengenai sejumlah blog yang terdaftar di dalamnya. Dengan mendaftarkan blog anda dalam suatu direktori blog, blog anda akan dapat lebih dikenal.Sekarang ini banyak direktori blog yang tersedia di internet seperti BlogTopSites (http://www.blogtopsites.com); Blogarama (http://www.blogarama.com); dan BlogWise (http://www.blogwise.com). Jika anda menulis blog dalam bahasa Indonesia, Anda dapat mendaftarkan blog anda di website Blog Indonesia (http://www.blog-indonesia.com).

3. Forum
Forum blog adalah suatu forum diskusi mengenai aktivitas blogging, pada umumnya dalam suatu forum blog, terdapat suatu sub-forum yang dapat digunakan untuk memperkenalkan blog anda kepada anggota forum lainnya.Belakngan ini, forum yang khusus memndiskusikan tentang blog banyak bermunculan, seperti Forum Blogger (http://www.bloggerforum.com) atau forum blog umum (http://www.bloggertalk.com)

4. MeninggalkanKomentar
Membangun pembaca setia adalah sebuah yang berguna. Biasanya pembaca yang meninggalkan komentar di blog anda juga seorang blogger. Ia akan memberikan link ke halaman blognya di komentar tersebut. Sempatkan anda bekunjung ke blognya dan memberikan komentar pada salah satu postingnya.