Wednesday, December 5, 2007

Cara Kerja Google Adsense

Bagi yang belum tahu apakah dan bagaimana cara kerja Google Adsense, mari kita mulai untuk memahaminya. Google adalah sebuah perusahaan raksasa yang menyediakan mesin pencari yang bersaing dengan Yahoo!. Selain menyediakan mesin pencari gratis, Google juga menyediakan fasilitas lainnya seperti Google Map yang menyediakan zoom dari satelit masing-masing lokasi bumi, Blogger yang berada di bawah naungan Google juga menyediakan jasa bagi para penggila Blog untuk mencurahkan segala sesuatunya lewat blog.

Adsense sendiri berasal dari penggalan kata ad (inggris = advertising / advertisement). Berarti adsense sendiri berarti periklanan. Jadi dengan mengikuti Google Adsense kita otomatis bisa disebut dengan publisher. Publisher artinya orang yang mengiklankan sebuah atau beberapa iklan kepada orang lain dengan harapan orang lain tsb mengklik iklan yang ditawarkan oleh publisher dan orang yang memasang iklan tsb memetik keuntungan daripadanya.

Cara kerja Google Adsense

Lantas apakah untungnya menjadi seorang publisher bagi Google?. Dan bagaimana cara mendulang dollar yang katanya bisa sampai ribuan atau puluhan ribu dollar perbulan?. Sebelum menjawab itu kita harus mengetahui dahulu bahwa Google menawarkan kepada pemasang iklan untuk memasarkan produk atau perusahaannya kepada masyarakat di seluruh dunia lewat Google dan itu yang disebut dengan Adword. Jadi sekarang kita bisa membuat kesimpulan bahwa "Adword is source for Adsense".

"Adword merupakan sumber/induk dari Adsense". Jadi pemasang iklan yang memasang iklannya pada Google lewat Adword itu hanya akan membayar kepada Google kalau ada orang yang mengklik iklannya. Ingat, pemasang iklan hanya membayar kalau memang iklan itu sudah dibaca oleh orang yang ditujunya tidak masalah orang yang mengklik itu nantinya join atau tidak atau membeli atau tidak produk yang ditawarkan, yang penting sudah mengklik. Dan otomatis Google hanya akan mendapatkan keuntungan hasil memasangkan iklan dari pemasang iklan bila iklan itu sudah diklik orang.

Untuk mendapatkan itu Google harus mencari cara agar iklan yang dipasang itu diklik orang agar tepat sampai ditujuan. Google jujur terhadap pemasang iklannya dengan cara tidak mengklik sendiri (oleh Google) iklan itu agar pemasang iklan membayar. Jadi harus dicari cara agar iklan itu tepat disasaran dan pemasang iklanpun senang demikian pula Google senang (sebab dapat fee dari pemasangan iklan tsb).

Di pihak lain pemasang iklanpun tidak mau iklannya ditayangkan kesembarang orang. Bisa saja pemasang iklan yang hendak menawarkan real estate misalnya maka pemasang iklan lebih senang bila iklannya ditayangkan pada orang yang memang sedang mencari suatu rumah atau yang memang hobby dalam hal itu. Atau iklan tentang jual beli anjing hias, makanan anjing, sekolah anjing dsb (di LN hal ini biasa), maka bukankah sebaiknya orang yang mengklik adalah orang yang memang menyukai bidang 'per-anjing-an' itu, bukan orang yang hobby elektronika misalnya atau bukan pula orang yang menyukai design dan interior.

Sebuah cara yang jenius dari Google telah ditemukan untuk menjawab semua kebutuhan tersebut yaitu dengan mencari publisher yang akan menyampaikan iklan tsb ke porsinya secara tepat. Yaitu dengan Google Adsense. Jadi bila sebuah web/blog yang membahas tentang binatang hias bila menggunakan adsense maka Google akan mendapatkan kata kunci dari dominan artikel tsb dan menampilkan iklan-iklan yang berhubungan dengan binatang hias.

Sebuah web/blog yang berisi tentang bisnis akan menghasilkan iklan tentang bisnis pula dan tidak akan menampilkan iklan tentang elektronika atau tentang binatang hias itu. Dengan demikian kita bisa ambil kesimpulan bahwa target yang dituju oleh pemasang iklan sudah tepat sasaran dan secara otomatis akan bisa menghasilkan seperti yang diharapkan oleh pemasang iklan ketimbang iklannya di-klik oleh orang yang hanya iseng-iseng saja mengklik iklan tsb.

Bayangkan saja, orang yang membuka web/blog yang membahas tentang elektronika misalnya diberi iklan tentang cara-cara merawat kuku misalnya, kalaupun sampai diklik tentunya cuma klik iseng/karena keingin-tahuan saja. Rugi kan yang pasang iklan.???

Dengan menjadi publisher kita mempunyai web/blog yang membahas tentang apa saja dan membantu Google untuk memasarkan iklan yang telah dipasang pada program Adword tsb. Dan dengan bertambahnya klik iklan yang dipasang maka bertambah banyak pula komisi yang didapat oleh Google dari pemasang iklan. Kita sendiri sebagai publisher yang telah membantu Google menghasilkan klik untuk iklannya tentunya dibayar oleh Google sekian persen dari nilai iklan tersebut.

Comments